post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Kamis, 26 Maret 2015

Vihara Sun Go Kong



Vihara Sun Go Kong masih berada di Kecamatan Damar, karena letaknya hanya sekitar 2 km dari Pantai Burung Mandi, arah ke Selatan menuju Manggar. 
Hanya saja tangan-tangan jahil telah menghapus beberapa bagian huruf, termasuk sebagian angka di kiri kanan nama yang tampaknya menunjukkan tahun berdirinya kelenteng, serta renovasi terakhir yang dilakukan.
Sepasang patung kuda berukuran kecil di depan masing-masing pilar gapura tampak masih utuh, meskipun sudah tampak kumuh. Demikian juga patung sepasang naga pada bagian atas gapura, serta mustika di tengah-tengahnya, masih utuh.



Satu-satunya altar dalam Vihara Sun Go Kong dengan patung Sun Go Kong di dalam relung dinding, lengkap dengan tongkat sakti Ruyi Jingu Bang yang bobotnya 13.500 kati (8.100 kg).
Sun Go Kong digambarkan sebagi tokoh yang sangat sakti, angkuh, egois, keras kepala, tidak peduli dengan sekitarnya asal tujuan tercapai, liar, sulit dikontrol, dan telengas menghadapi musuh. Jika pun dipuja tampaknya karena baktinya kepada Tong Sam Cong, dan agar terhidar dari sifat-sifatnya yang buruk. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar