post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Selasa, 31 Maret 2015

Rumah Dinas Bupati Belitung Timur



Sebuah rumah peninggalan jaman kolonial yang lokasinya berada di kawasan Bukit Samak, Manggar, Belitung Timur. Di Rumah Dinas Bupati terlihat panorama lepas ke arah Laut Jawa. Rumah Dinas Bupati ini menghadap tidak persis ke arah Timur, namun Timur Laut. Tampaknya memang disengaja agar menghadap ke dermaga (Oliepier) yang berjarak sekitar 1 km, jika ditarik garis lurus, untuk mengawasi kegiatan yang berlangsung di sana.
Bagian teras Rumah Dinas Bupati yang terbuat dari kayu dan letaknya masih lebih tinggi beberapa meter dari jalan. Tengara yang menggantung itu berbunyi “Rumah Dinas Bupati Belitung Timur”.
Tiang teras terbuat dari semen cor yang diberi ornamen kelopak bunga di bagian bawah, dedaunan simetris di bagian tengah, serta ornamen persegi dan lengkung di bagian atasnya.



Terlihat ada kursi dan meja di teras, serta pintu utamanya terpentang lebar. Belakangan saya ketahui bahwa lantai keramik di Rumah Dinas Bupati ini masih asli, termasuk yang terlihat di tangga.
Melangkah sedikit ke sebelah kiri Rumah Dinas Bupati, terlihat pohon besar yang menaungi bagian depan rumah ini. Di kawasan Bukit Samak ini memang terlihat banyak pohon-pohon besar rindang yang memberi keteduhan dan suasana yang nyaman kepada pejalan yang melewatinya.



Pada dinding terlihat menempel ada cukup banyak foto-foto hitam putih yang merekam situasi jaman kolonial di tempat-tempat di sekitar wilayah Manggar. Sebuah foto di Rumah Dinas Bupati yang memperlihatkan sebuah mesin diesel motor 4-tak stasioner 10-silinder Stork-Hesselman buatan Belanda untuk Billiton Centrale, pusat pembangkit listrik tenaga diesel di Manggar.
Keluar dari Rumah Dinas Bupati, mengelilingi Bukit Samak anda bisa melihat pemandangan di sisi lain yang mestinya tidak kalah indahnya, juga menghadap ke laut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar