post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Selasa, 31 Maret 2015

Museum Istiqomah Buding



Museum Istiqomah Buding atau Museum Buding, yang terletak di pinggir jalan besar yang melintasi Desa Buding, Kecamatan Kelapakampit, Belitung Timur, ternyata pintu museum terkunci. Rumah juru kunci Museum Istiqomah Buding yang bernama Pak Aris Bahar, sekitar 1,6 km dari museum, arah ke Timur. Di belakang bangunan depan Museum Istiqomah Buding itu rupanya masih ada bangunan lain yang juga menyimpan benda-benda kuno, serta ada bangunan Masjid Buding yang sudah berumur 5 abad lebih.

Sebuah koleksi Museum Istiqomah Buding, kempul adalah gong kecil yang digantungkan ketika dipukul. Jumlahnya bisa 6 atau 10 dalam perangkat gamelan.
Koleksi senjata tajam Museum Istiqomah Buding, beberapa dengan ukiran indah pada gagangnya. Tidak jelas apakah bentuk parang yang di ujung kanan adalah yang sering disebut sebagai kemudi kapal yang berasal dari abad ke-5. Ada banyak sekali koleksi senjata tajam kuno di Museum Istiqomah Buding buding ini. Ada keris, parang, badik, tombak, pedang sangat panjang yang unik dan banyak diantaranya memiliki ukiran yang menarik. Namun banyak pula dari koleksi senjata ini yang sudah memerlukan perawatan yang serius.


Banyak lagi benda-benda kuno yang terdapat dimuseum ini, sangat rugi bila anda tidak berkunjung disini.
Bangunan masjid di belakang Museum Istiqomah Buding yang dibangun di atas bekas lokasi masjid lama. Bangunan baru ini tentu saja sudah jauh berbeda bentuknya dari bangunan lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar