post-thumbnail{float:left;margin-right:20px}

Selasa, 31 Maret 2015

Bendungan Pice


Lokasi Bendungan Pice berada di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Belitung Timur. Jarak dari Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi ke Bendungan Pice ini tidak begitu jauh, hanya sekitar 1,2 km, arah ke Timur. Area parkirnya lumayan lega. Ada pula tempat duduk bertutup payung dan warung - warung di tepian bendung. Cukup menyenangkan buat pejalan yang ingin menikmati suasana.
Sebuah benda terbuat dari besi bercat kuning yang telah mulai karatan, dengan roda-roda besar dan kecil, terlihat berada di area parkir Bendungan Pice. Benda ini mungkin adalah roda penggerak pintu air Bendungan Pice yang telah rusak, dan di-‘museum’-kan di sini. Meskipun secara fisik Bendungan Pice masih terlihat baik, namun pintu-pintu airnya tidak lagi bisa dioperasikan, sehingga tidak mampu secara optimal mengairi jaringan irigasi Selinsing yang luasnya mencapai 4.388 ha.
Jalur jalan di atas Bendungan Pice yang cukup untuk berpapasan dua orang.



Motor pun mestinya bisa melaluinya, meskipun sepertinya tidak diperbolehkan, karena tidak ada satu pun motor terlihat lewat selagi saya berada di sana.Uniknya, Ikan Cempedik biasanya menghilang pada musim kemarau, dan kemudian tiba-tiba muncul dalam jumlah sangat banyak pada musim penghujan. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar